animasi-bergerak-selamat-datang-0105

Tuesday, May 19, 2015

Materi otomotif cara kerja dan fungsi kopling

Taukah kalian bagai mana cara kerja kopling.mungkin kita walaupun tau apa itu kopling dan bahkan sering menggunakanya.tahukah kalian bagaimana sebenarnya proses kerja kopling tersebut mari kita simak bersama.

Kopling
    
    Putaran mesin pertama tama diteruskan ke unit kopling yang terpasang pada permukaan belakang roda penerus (flywheel) mesin. Kopling ini berfungsi untuk memutus dan menyambung tenaga mesin ke poros masukan perseneling (kotak gigi transmisi). Ketika kendaraan akan berjalam, terlebih dulu pedal kopling harus di injak agar hubungan antara permukaan pelat gesek kopling sehingga hubungan roda penerus dan poroa masukan perseneling terputus.pemutusan ini akan membuat poros masukan dan roda gigi yang terpasang pada poros ini berputar tanpa tenaga. Ketika roda gigi pertama mulai bertautan dengan roda gigi poros masikan perseneling, roda gigi poros ini dengan mudah ditaut oleh gigi pertama. Karena ditahan dengan keadaan berputar tanpa tenaga ini dengan segera putaranya tertentu karena di tahan oleh roda pertama yang diam. Ketika sudah bertaut sempurna pedal kopling secara perlahan dilepas sehingga permukaan gesek kopling tersambung secara perlahan sehingga gerak kendaraan tidak tersentak.
    Setelah kendaraan berjalan , pedal kopling kembali di injak mengakibatkan hubungan mesin dan poros masukan persenelingpun terputua sehingga roda gigi masukan perseneling kembali berputar tanpa tenaga. Ketika roda gigi kedua perseneling dipindah agar bertaut dengan roda gigi masukan perseneling, putaran roda gigi perseneling ini akan segera menjadi sama setelah pertautan terjadi secara sempurna, kembali pedal kopling dilepas secara perlahan sehingga tenaga mesin secara perlahan tersambung ke perseneling dengan putaran perseneling yang lebih tinggi dari pada ketika roda gigi pertama perseneling yang bertautan. Demikian seterusnya hingga kendaraan meluncur pada kecepatan yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment