animasi-bergerak-selamat-datang-0105

Tuesday, May 19, 2015

Fungsi komponen kopling universal dalam power train

Kopling universal
    Mesin biasanya dipasang diatas gandar depan ( yang sejajar dengan gandar belakang ) setiap kendaraan. Dengan panjang kendaraan yang terbatas, ketinggian antara sumbu gandar belakang dan sumbu mesin akan berbeda. Karena itu dibutuhkan   satu sistem kopling yang dapat menyalurkan putaran dan tenaga antara dua poros yang sumbunya menyudut.
    Untuk keperluan otomotif, sambungan yang digunakan ialah kopling universal. Kopling berupa dua poros yang saling tegak lurus.
Satu kelemahan kopling ini ialah putaran keluaranya yang tidak seragam. Kelemahan ini dapat dihilangkan dengan memasang satu kopling universal di setiap ujung propeller safth. Dengan demikian, putaran tak seragam yang dihasilkan oleh kopling universal dibagian depan akan diubah kembali menjadi putaran seragam oleh kopling universal yang diujung belakang propeller shaft dan putaran seragam inilah yang menjadi putaran masukan pada gardan.

1 comment: