animasi-bergerak-selamat-datang-0105

Tuesday, May 19, 2015

Fungsi komponen gardan dalam power train

    Gardan atau (differential gear) adalah bagian dari unit power train yang berfungsi untuk menggerakkan roda belakang atau roda depan, juga untuk untuk menaikkan momen torsi atau biasa disebut dengan (momen putar). Kedudukan sumbu propeller shaft sejajar dengan sumbu sasis kendaraan sementara sumbu gandar belakang tegak lurus terhadap sumbu sasis kendaraan. Karena itu dibutuhkan satu sistem pemindah tenaga dan putaran yang dapat menyalurkanya  secara tegak lurus. Untuk keperluan otomotif, khususnya kendaraan roda empat, sistem yang lazim digunakan untuk menyalurkan tenaga dan putaran secara tegak lurus adalah dengan menggunakan roda gigi cincin dengan bentuk profil kerucut.
    Di samping itu, ketika kendaraan berbelok, putaran antara roda yang paling jauh dari pusat jari jari berbelok, putaran antara roda yang paling jauh dari pusat jari jari belokan akan berbeda.jika gandar penyalur tenaga dan putaran ke roda terbuat dari satu poros tunggal, pernedaan putaran ini akan menyebabkan yang paling dekat dengan pusat jari jari putaran akan mengalami slip (gelincir) akibat dipaksa berputar sama dengan putaran roda yang paling jauh dari pusat jari jari belokan. Hal ini menyebabkan tapak ban menjadi cepat aus. Untuk mencegah hal ini, gandar penyalur tenaga dan putaran ke roda ini terbuat dari dua poros, dan keduanya disambung oleh rangkaian roda gigi.
    Roda gigi cincin dan roda gigi penyambung gandar kiri dan kanan roda kendaraan ini dipasang dalam satu wadah yang disebut gardan.

1 comment: