Gandar, roda, dan bantalan tengah adalah salah satu bagian dari unit power train.
A Gandar
Gandar ini merupakan poros yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dan putaran roda kiri dan roda kanan kendaraan. Gandar ini biasanya mempunyai satu ujung yang berupa poros bintang dan ujung lain berupa roda gigi lurus. Ujung poros bintang bertaut dengan roda jc gardan dan ujung yang satu lagi bar bertahun dengan gerigi dalam roda. Dengan demikian standar ini tidak mengalami pembekuan lintang karena bobot kendaraan telah disangga oleh rumah gardan.
B. RODA
Tenaga dan putaran mesin yang disalurkan ke roda ini membuat roda dapat berputar permukaan tanah atau jalan raya yang membuat kendaraan dapat melalui dengan kecepatan yang diinginkan. Roda berfungsi untuk memikul beban kendaraan dan meneruskan momen yang diberikan oleh keadaan permukaan jalan sehingga dapat berputar.
C. BANTALAN TENGAH
Propeller shaft yang membentuk sudut dengan rumah transmisi seolah olah akan membentuk tali yang melendut. Ketika tenaga dan putaran tersanbung, poros ini cenderung berputar bersama-sama. Akan tetapi karena cukup aku kecenderungan ini akan tertahan tetapi cukup untuk menimbulkan getaran. Karena itu diantara kedua kopling universal bisa dipasang bantalan tengah. Bantalan tengah berfungsi sebagai penghubung kedua kopling universal
No comments:
Post a Comment